Di tulis Oleh:Alinoka Jumat, 24 Juli 2015

CIAMIS,(PRLM).- Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Ciamis, Sabtu (25/7/2015) pukul 4.44 WIB. Gempa yang dirasakan berlangsung sekira 20 detik itu, sempat membuat panik beberapa 


warga di tatar Galuh Ciamis.
Catatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat gempa berada pada lokasi 8.49 Lintang Selatan - 108.96 Bujur Timur, atau 111 kilometer tenggara Kabupaten Ciamis. Pusat gempa berada pada kedalaman 10 kimometer, tidak berpotensi tsunami.
Saat gempa terjadi warga di wilayah Kecamatan Banjarsari, yang merupakan kecamatan ujung selatang Kabupaten Ciamis, masyarakat sempat panik. Mereka keluar rumah, sembari berteriak ada gempa, serta takbir. Setelah beberapa saat, mereka kembali ke dalam rumah.
"Saya kaget begitu dengar banyak tetangga teriak ada gempa, lini lini. Saya juga sampai sempoyongan keluar rumah. Gempanya terasa besar," ungkap Arifin (44) warga Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis.
Dia mengaku saat merasaka bumi bergetar, ingatannya langsung terbayang terjadinya gempa di Pangandaran, sekarang wilayah Kabupaten Pangandaran yang memicu gelombang pasang tsunami. "Saya jadi teringat saat gempa dan tsunami, memang getarannya lebih kecil. Perasaan was-was," tuturnya.
Terpisah Husen (43) warga Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis, juga mengaku sempat kaget begitu merasakan gempa. Saat itu dia langsung membangunkan seluruh anggota keluarganya agar segera keluar dari dalam rumah.
"Guncangannya terasa sekali. Saya langsung membangunkan istri dan anak-anak agar keluar rumah. Di luar, warga juga banyak yang sudah berada di luar," tuturnya.
Dia menambahkan, saat gempa banyak warganya yang juga berteriak takbir. Setelah merasa tenang, warga kembali masuk ke dalam rumah. "Tidak sedikit yang meneriakkan takbir," tuturnya. (nurhandoko wiyoso/A-89)**
Sumber : media



Post by: Alinoka
jam. 20.37 Jumat, 24 Juli 2015
1. Nama : Alinoka
2. Alamat: Banjar Patroman
3. No Telphone: Klik di sini
4. Respon: Komentar
5. Menu: Artikel ini